1/27/2013

Analytical Exposition Sample in Learning English

Why is Learning English Important?
Language is the mean of communication. Mostly groups of society have their own languages. Some of them appear the top global languages. Most people in the world hear about English, Arabic, and Mandarin. However English is the most global spoken language. Then if a man wants to catch a global goal, he has to master English.
Everyone recognize that English is an international language. English is used in writing and speaking by many people all over the world. It can be either as a first or second language. We even hear British, American, Australian, and even Singaporean English. Those various names of English are used as the first language in those countries. Futhermore, some countries have their own languages as a mother language but also use English mostly in daily comunication.
Besides usage in daily interaction, English is also used as a key to open doors leading to scientific and technical knowledge. No wonder we find manual guides and instructions of many devices written in English. Even if we have a pack of instant noodle, we will see the cooking instruction also written in English. This transfer of science and technic will include many countries in economic, social and politics developement.
Finaly, the most easily seen in the importance of learning English is that most top requirement in filling job opportunities is the ability using English; active or passive. Job applicants who master English are more favourable than ones who do not.
The above facts prove that everybody needs to learn English if he likes to greet the global era.

5 komentar:

  1. Kisah Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Perahu
    Kisah Sangkuriang dan Gunung Tangkuban Perahu
    Dulu, ada sebuah kerajaan di Tanah Priangan. Tinggal keluarga bahagia. Mereka adalah seorang ayah dalam bentuk anjing, namanya Tumang, seorang ibu yang disebut adalah Dayang Sumbi, dan seorang anak yang disebut Sangkuriang.
    Suatu hari, Dayang Sumbi meminta anaknya untuk pergi berburu dengan anjing kesayangannya, Tumang. Setelah berburu sepanjang hari, Sangkuriang mulai putus asa dan khawatir karena ia berburu rusa no. Kemudian ia berpikir untuk menembak anjing sendiri. Kemudian ia mengambil hati anjing dan dibawa pulang.
    Segera Dayang Sumbi menemukan bahwa itu bukan rusa tuas tapi ini Tumang, anjing sendiri. Jadi, Dia sangat marah dan memukul kepala Sangkuriang itu. Dalam insiden itu, Sangkuriang terluka dan mendapat luka kemudian dilemparkan jauh dari rumah mereka.
    Tahun pergi tinggal, Sangkuriang telah perjalanan banyak tempat dan akhirnya tiba di sebuah desa. Dia bertemu dengan seorang wanita cantik dan merasa jatuh cinta dengan dia. Ketika mereka sedang mendiskusikan rencana pernikahan mereka, Wanita itu menatap luka di kepala Sangkuriang itu. Ini cocok untuk luka anaknya yang telah meninggalkan severall tahun sebelumnya. Segera ia menyadari bahwa ia merasakan jatuh cinta dengan anaknya sendiri.
    Dia tidak bisa menikahi dia tapi bagaimana mengatakannya. Kemudian, ia menemukan jalan. Dia membutuhkan sebuah danau dan perahu untuk merayakan hari pernikahan mereka. Sangkuriang harus membuat mereka dalam satu malam. Dia membangun sebuah danau. Dengan fajar hanya saat pergi dan perahu hampir selesai. Dayang Sumbi harus menghentikannya. Kemudian, dia menerangi horison bagian timur dengan sinar. Ini membuat ayam berkokok untuk hari baru.
    Sangkuriang gagal menikahinya. Dia sangat marah dan menendang perahu. Rasanya lebih dan menjadi gunung Tangkuban Perahu Bandung.



    Narasi Teks: The Legend of Sura dan Baya
    Narasi Teks: The Legend of Sura dan Baya

    Dahulu kala, ada dua binatang, Sura dan Baya. Sura adalah nama hiu dan Baya adalah buaya. Mereka tinggal di laut.
    Setelah Sura dan Baya sedang mencari beberapa makanan. Tiba-tiba, Baya melihat seekor kambing.
    "Yummy, ini saya makan siang," kata Baya.
    "Tidak mungkin! Ini adalah makan siang saya. Anda serakah "kata Sura. Kemudian mereka berjuang untuk kambing. Setelah beberapa jam, mereka sangat lelah.
    Merasa lelah pertempuran, mereka tinggal di tempat yang berbeda. Sura hidup di air dan Baya tinggal di negeri itu. Perbatasan adalah pantai, sehingga mereka tidak akan pernah bertarung lagi.
    Suatu hari, Sura pergi ke tanah dan mencari beberapa makanan di sungai. Dia sangat lapar dan tidak ada banyak makanan di laut. Baya sangat marah ketika ia tahu bahwa Sura melanggar janji.
    Mereka berjuang lagi. Mereka berdua saling memukul. Sura Baya bit ini ekor. Baya melakukan hal yang sama untuk Sura. Dia menggigit sangat keras sampai Sura akhirnya menyerah dan Awent kembali ke laut. Baya senang.

    BalasHapus
  2. Narasi Teks: Kisah Danau Toba
    Sekali waktu, ada seorang pria yang tinggal di utara Sumatera. Dia tinggal di sebuah gubuk sederhana di bidang pertanian. Melakukan beberapa berkebun dan memancing untuk kehidupan sehari-hari.
    Suatu hari, sementara pria itu melakukan penangkapan ikan, dia menangkap seekor ikan emas besar di perangkap. Ini adalah tangkapan terbesar yang ia pernah dalam hidupnya. Anehnya, ikan ini berubah menjadi seorang putri cantik. Dia merasa jatuh cinta dengan dia dan mengusulkan dia menjadi istrinya. Dia mengatakan, "Ya, tapi kau harus berjanji untuk tidak memberitahu siapa pun tentang rahasia bahwa saya pernah ikan, jika tidak akan menjadi bencana besar". Pria itu membuat kesepakatan dan mereka menikah, hidup bahagia dan memiliki seorang putri.
    Beberapa tahun kemudian, anak ini akan membantu membawa makan siang untuk ayahnya di ladang. Suatu hari, putrinya sangat lapar dan ia makan siang ayahnya. Sayangnya, ia menemukan dan mendapat marah, dan berteriak, "Kamu anak terkutuk dari ikan". Putri berlari pulang dan menanyakan ibunya. Sang ibu mulai menangis, merasa sedih karena suaminya telah melanggar janjinya.
    Kemudian dia mengatakan kepada putrinya untuk menjalankan atas bukit karena bencana besar itu akan datang. Ketika putrinya pergi, dia berdoa. Segera ada gempa besar diikuti oleh non-stop hujan lebat. Seluruh daerah mendapat banjir dan menjadi Danau Toba. Dia berubah menjadi ikan lagi dan pria itu menjadi Pulau Samosir.

    The Power of Music dalam hidup kita
    Apakah Anda setuju bahwa musik adalah penting dalam hidup kita? Ya saya lakukan, musik memiliki peran tertentu menyelesaikan hari kami untuk kegiatan hari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa musik terdengar di mana-mana dan di mana saja.
    Musik adalah cara untuk mengekspresikan perasaan. Ketika kita jatuh cinta, jenis musik kami akan mendengarkan akan semua tentang cinta. Ketika kita sedih, kita akan pergi untuk musik yang melankolis di alam dan membenamkan diri dalam kesedihan. Ketika kami senang, kami akan memilih lagu dengan lagu-lagu senang juga.
    Lagu dapat membantu untuk menghafal pengalaman terakhir. Sebuah lagu favorit adalah sebuah film dokumenter yang kuat. Orang dengan Alzheimer yang gangguan otak akan mengingat rincian tentang lagu-lagu mereka yang akrab dengan. Sebagai contoh, seorang wanita tua yang bahkan tidak bisa mengingat nama suaminya akan mengingat rincian dari lagu favoritnya, ketika dimainkan, bagaimana membuat merasa dan hal-hal tentang lagu yang membuatnya sangat berkesan baginya.
    Selanjutnya, musik dapat menyatukan orang-orang untuk tujuan dan perubahan dunia. Sebuah lagu dengan lirik yang baik dan chord yang mendalam mencolok dapat merangsang perasaan universal semua orang. Kita bisa melihatnya dalam kasus Michael terkenal dan legendaris Jacson Heal the World. Hal ini dapat membangkitkan humanisme dari banyak orang di dunia ini.
    Jadi apa yang akan menjadi seperti dunia tanpa musik? Ini akan menjadi kesepian.

    BalasHapus
  3. Mengontrol Anak Menggunakan Komputer
    Komputer dan internet berguna serta kuat. Informasi tentang kesehatan dan penggunaan yang aman dari komputer dan internet, terutama untuk anak-anak, harus dimiliki oleh setiap keluarga. Komputer yang terhubung ke internet adalah cara yang ampuh untuk bersosialisasi dengan orang lain. Ini bisa menjadi baik tetapi juga efek buruk. Baru-baru ini kita mendengar banyak anak-anak mendapatkan keuntungan dari situs jejaring sosial, tetapi kita sering melihat berita tentang kelemahan itu untuk anak-anak. Sehat dan keamanan penggunaan komputer dan internet harus terus dikampanyekan.

    Peran orang tua dalam membantu dan mengarahkan anak dalam menggunakan komputer sangat diperlukan. Instalasi monitor software seperti logger kunci yang berfungsi untuk menonton dan mencatat semua kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan keyboard membantu tapi tidak cukup untuk melindungi anak dari bahaya potensial. Anak-anak cenderung menyembunyikan apa yang telah mereka lakukan di depan komputer untuk orang tua mereka. Mereka melihat bahwa semua yang mereka lakukan adalah privasi mereka dan tidak ada yang bisa tahu.

    Kita tidak bisa mencegah anak-anak menggunakan komputer karena multifungsi. Namun, banyak orangtua khawatir apa yang anak-anak mereka lakukan di depan komputer, apakah mereka melakukan pekerjaan rumah atau bahkan hanya bermain game. Atau menghabiskan waktu untuk surfing internet yang merupakan bahan tidak sesuai dengan usianya. Ada kecenderungan, terutama remaja, ingin berkenalan dengan orang asing banyak keluar sisi. Pengawasan orangtua kurangnya kegiatan anak-anak kemungkinan akan menimbulkan potensi bahaya bagi mereka. Jadi memantau orangtua terhadap penggunaan komputer perlu dilakukan dari waktu ke waktu.

    Analytical Exposition Contoh di Sekolah Terakreditasi
    Mengapa Ini Penting untuk Pilih Sekolah Terakreditasi?
    Sebagian besar remaja perlu pergi ke sekolah dan ada banyak sekolah di sana. Saat ini, sekolah tumbuh untuk menawarkan banyak pilihan, orang-orang pribadi dan negara. Namun itu adalah pilihan sulit karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat pilihan. Beberapa akan dipengaruhi oleh teman-teman, karena beberapa teman sampai ke sekolah tertentu daripada kita pergi ke sana juga. Beberapa lebih suka memilih sekolah tertentu karena jarak dekat. Bahkan, hal yang menentukan utama untuk memilih sekolah adalah apakah sekolah telah terakreditasi atau tidak.
    Mengapa penting untuk memilih sekolah yang terakreditasi? Nah, sekolah terakreditasi memiliki keunggulan atas sekolah-sekolah unaccredited. Ini label Sekolah Terakreditasi memiliki dampak lapangan kerja. Akibatnya, jika ada dua atau lebih siswa dengan kualifikasi yang sama, siswa yang berasal dari sekolah yang terakreditasi akan memiliki keunggulan atas calon lainnya. Siswa dari sekolah yang terakreditasi memiliki pintu lebih terbuka daripada mahasiswa dengan yang terakreditasi.
    Banyak siswa memilih sekolah tertentu tergantung lebih pada faktor-faktor jangka pendek seperti pengaruh teman dan jarak pendek dari rumah. Hal ini tidak buruk karena Komuter sebenarnya kebutuhan biaya banyak. Memilih sekolah yang dekat dengan rumah akan menghemat waktu, tenaga dan uang. Namun, jika sekolah yang tidak terakreditasi, waktu dan uang yang dihabiskan bersama belajar tampaknya menjadi sampah dalam jangka panjang karena bisa menjadi faktor pembatas dalam memperoleh kesempatan masa depan.
    Sekolah yang terakreditasi bukanlah satu-satunya faktor yang akan mendorong kesuksesan siswa. Kepribadian dan karakterisasi yang sangat penting juga. Namun seorang siswa dengan kepribadian yang baik yang berasal dari sekolah yang terakreditasi adalah lebih baik daripada yang lain.

    BalasHapus
  4. Analytical Exposition Analisis Struktur Generik
    Analytical Eksposisi adalah salah satu teks argumentatif yang menyajikan beberapa ide yang mendukung tentang mengapa pendapat penulis tertentu adalah penting. Pendapat ini dirumuskan dalam sebuah tesis yang harus membuktikan dengan memilih argumen.
    Contoh di atas eksposisi analitis tentang sekolah terakreditasi memiliki struktur generik berikut:
    Tesis: itu adalah topik utama wacana eksposisi dalam esai analitis. Umumnya tesis akan ditempatkan di paragraf pertama. Hal ini juga memfungsionalisasikan pengenalan teks. Dari teks di atas kita melihat bahwa sekolah akan memilih lebih bijaksana dan lebih aman jika didasarkan pada status sekolah; terakreditasi atau tidak.
    Argumen: argumen adalah jantung dari eksposisi analitis. Tidak adanya argumen, analitis hanya akan berbicara apa-apa karena tesis harus dievaluasi, apakah itu benar atau salah nanti, tidak masalah. Dari sampel eksposisi analitis di atas, kita melihat lulusan sekolah terakreditasi akan mengadakan kesempatan yang lebih baik. Selain sekolah memilih berdasarkan kepentingan jangka pendek tampaknya kurang menguntungkan pada akhirnya.
    Pengulangan: itu adalah tesis penulis yang kembali dinyatakan dalam kata lain. Tujuannya adalah untuk memperkuat tesis. Dari teks di atas, kita menyadari bahwa memilih sekolah yang terakreditasi benar-benar penting.

    Analytical Exposition Contoh di Belajar Bahasa Inggris
    Mengapa Belajar Bahasa Inggris Penting?
    Bahasa adalah alat komunikasi. Sebagian kelompok masyarakat memiliki bahasa mereka sendiri. Beberapa dari mereka muncul bahasa global atas. Kebanyakan orang di dunia mendengar tentang bahasa Inggris, Arab, dan Mandarin. Namun Bahasa Inggris adalah bahasa lisan yang paling global. Kemudian jika seorang pria ingin menangkap tujuan global, dia harus menguasai bahasa Inggris.
    Semua orang menyadari bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Bahasa Inggris digunakan dalam menulis dan berbicara dengan banyak orang di seluruh dunia. Hal ini dapat baik sebagai bahasa pertama atau kedua. Kami bahkan mendengar Inggris, Amerika, Australia, dan bahkan Singapura bahasa Inggris. Nama-nama berbagai bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pertama di negara-negara. Selanjutnya, beberapa negara memiliki bahasa mereka sendiri sebagai bahasa ibu tapi juga menggunakan bahasa Inggris sehari-hari terutama di comunication.
    Selain penggunaan dalam interaksi sehari-hari, bahasa Inggris juga digunakan sebagai kunci untuk membuka pintu menuju pengetahuan ilmiah dan teknis. Tidak heran kita menemukan panduan manual dan petunjuk dari banyak perangkat yang ditulis dalam bahasa Inggris. Bahkan jika kita memiliki satu pak mie instan, kita akan melihat instruksi memasak juga ditulis dalam bahasa Inggris. Ini transfer ilmu pengetahuan dan teknik akan mencakup banyak negara di developement ekonomi, sosial dan politik.
    Akhirnya, yang paling mudah dilihat pada pentingnya belajar bahasa Inggris adalah bahwa kebutuhan paling atas dalam mengisi kesempatan kerja adalah kemampuan menggunakan bahasa Inggris, aktif atau pasif. Job pelamar yang menguasai bahasa Inggris lebih menguntungkan daripada yang tidak.
    Fakta di atas membuktikan bahwa semua orang perlu belajar bahasa Inggris jika ia suka untuk menyambut era global.

    BalasHapus
  5. Dikirim Oleh
    Arido
    Angga
    Yogie

    BalasHapus

monggo di komentari, kiro-kiro pripun artikele